Rabu, 25 Desember 2013

IPTEK Masa Depan



BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam, merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang essensial saja.
Pada pembahasan kali ini kami akan membahas Ilmu Alamiah Dasar secara lebih spesisfik lagi, yaitu pembahasan mengenai Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena ia memiliki akal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman, mudah, nyaman dan sebagainya.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Meskipun ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia, faktanya tidak dipungkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu.

B.     Rumusan Masalah
1. Bagaimana Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi dalam kehidupan manusia?
2.Bagaimana Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi di masa depan ?

C.     Tujuan
Untuk mengetahui tentang ilmu pengetahuan alam dan teknologi di masa depan.




BAB II
PEMBAHASAN
A. Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia
Nana Syaodih S. (1997: 67) menyatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi  sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman  dulu memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah,  sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana.  Terkait dengan teknologi, Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan  lmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan enyistem untuk memecahkan masalah. Ahli lain, Kast & Rosenweig menyatakan echnology is the art of utilizing scientific knowledge.
Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak  jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih  makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi”  erasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah  eknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri  menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia  engan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat  tau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.  
B. Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Masa Depan
1. Pencarian Sumber Daya Alam Nonkonvensional
            Pencarian sumber daya alam yang nonkonvensional yang hangat pada saat ini ialah pemanfaatan energi matahari, eneergi panas  bumi, energi angin dan energi biogas.
a) Energi Matahari
            Matahari merupakan sumber energi terbesar dan pemanfaatan energi matahari sebenarnya telah kita lakukan, misalnya mengeringkan berbagai jemuran. Dengan adanya energi matahari kita harus dapat mencari teknik mengubah energi matahari menjadi bentuk energi lain, misalnya menjadi energi listrik.
b) Energi Panas Bumi
            Energi panas bumi juga disebut energi geothermal yang merupakan energi yang berasal dari inti bumi. Energi panas bumi yang dapat kita manfaaatkan saat ini adalah panas bumi yang berasal dari magma. Magma adalah batuan cair atau panas yang terdapat dalam kerak bumi.
c) Energi Angin
            Pemanfaat angin merupakan salah satu cara menghemat energi yang berasal dari minyak bumi. Energi angin dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan pompa-pompa air guna mendapatkan air bersih, dimanfaatkan untuk diubah menjadi eneri listrik yang prinsipnya sangat sederhana, yaitu angin ditangkap oleh baling-baling yang kemudian energi putaran diteruskan untuk memutar generator pembangkit listrik.
d) Energi Pasang Surut
            Energi pasang surut adalah energi yang bersumber dari tenaga yang timbul oleh daya tarik antara bumi dan bulan. Karena adanya daya tarik-menarik tersebut, maka terdapat bagian bumi yang berhadapan dengan bulan akan tertarik, sedangkan bagian lain tidak. Yang tertarik mengakibatkan air laut menjadi pasang. Pada air pasang maupun surut, arus air itu dimanfaatkan untuk menggerakkan generator listrik.
e) Energi Biogas
            Biogas adalah gas yang dihasilkan dari makhluk yang diuraikan oleh mikroba melalui proses penguraian. Eenergi biogas ini ditampung dalam tangki penampungan dan dialirkan ke rumah untuk memasak atau keperluan lain. Pengembangan biogas ini masih dalam taraf penelitian.


f) Energi Biomassa
            Biomassa adalah segala jasad makhluk hidup yang digunakan un tuk menghasilkan energi bila dibakar karena masih menyimpan energi matahari, contohnya sampah-sampah organik sebagai sisa-sisa produksi pertanian.
2. Usaha Manusia untuk Melestarikan Eksistensinya
            Usaha manusia untuk mencari pengganti energi minyak bumi seperti yang diuraikan hanyalah merupakan salah satu alternatif bagi manusia untuk dapat mempertahankan eksistensinya di muka bumi. Minyak bumi merupakan sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Namun, sumber daya alam itu tidak dapat diperbarui dan jumlahnya pun terbatas, sehingga manusia perlu berusaha mencari sumber energi lain untuk mempertahankan kehidupannya di masa yang akan datang. Dan usaha manusia tersebut semuanya berdasar pada moral manuia untuk mengelola apa yang ada di muka bumi ini, karena moral itu menetukan langkah-langkah manusia ke arah yang lebih baik atau buruk.




BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Ilmu Pengetahuan dan teknologi adalah suatu bagian yang tak lepas dari  kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir dari segala akhir kehidupan manusia..  Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri,begitu banyak manfaat. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Energi minyak bumi berperan sangat penting bagi kehidupan manusia, namun energi tersebut tidak dapat diperbaharui dan jumlahnya  terbatas. Untuk mempertahankan kelestarian hidup manusia, sesorang harus memiliki moral yang baik untuk mengelola energi yang ada di muka bumi.

B.     Saran
Dengan memahami IPTEK diharapkan kita semua dapat menyikapi segala kemajuan dan perkembangannya dengan baik sehingga dapat berdampak positif bagi kehidupan kita semua. Serta harus memiliki moral yang baik untuk mengelola energi yang ada di muka bumi demi melestarikan kehidupan.



DAFTAR PUSTAKA

Ibrahim, Muslimin dan Muhammad Thamrin Hidayat; 2011, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Sintaksis © 2013 | Designed By: Putra | Powered By: Blogger